ruanglingkup ekonomi manajerial   Leave a comment

1. Ruang lingkup ekonomi manajerial

1.1 Masalah keputusan menejemen
Masalah (problem) adalah suatu deviasi antara yang seharusnya (should) terjadi dengan suatu yang nyata (actual) terjadi, sehingga penyebabnya perlu ditemukan dan diverifikasi.
Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan.Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif.Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusn alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.

1.2 Kegiatan masalah keputusan manajemen dihubungkan dengan teori ekonomi mikro dan makro
Ilmu ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya
1.3 Kegiatan masalah keputusan manajemen dihubungkan dengan ilmu keputusan
Hubungan antara ekonomi manjaerial dengan ilmu-ilmu pengambilan keputusan
Ilmu ekonomi memberikan kerangka kepada teoritis dalam menganalisis masalah-masalah pengambilan keputusan manajerial. ilmu-ilmu pengambilan keputusan juga memberikan seperangkat alat dalam pembentukan model-model dalam mengambil keputusan, menganalisis pengaruh dari serangkaian tindakan alternative dan mengevaluasi hasil-hasil yang diperoleh dari model-model tersebut

Teknik peramalan ekonometnik sering menggunakan hal-hal yang terbaik yang terdapat dalam teknik peramalan lain, seperti tren atau variasi musiman, teknik penghalusan dan indikator utarna. Metode peramalan ekonometrik dapat bervariasi antara model persamaan tunggal dari persamaan yang dihadapi perusahaan untuk produknya sampai model persamaan.

1.4 Ekonomi manajerial
Ekonomi manajerial menerapkan teori dan metode ekonomi dalam bisnis dan pengambilan keputusan administratife, karena menggunakan alat- alat ekonomi untuk memecahkan masalah manajerial, manajerial ekonomi mengaitkan ekonomi tradisional dengan ilmu keputusan untuk mengembangkan alat penting bagi pengambil keputusan manjerial
Ekonomi manajerial dapt di perrgunakan untuk megindentifikasi cara cara untuk secara efisian mencapai, pada dasar nya, setiap sasaran perusahaan. Ekonomi manajerial juga membantu para manajer untuk tiba pada sekelompok peraturan operas yang mambantu pemamfaatan sumber daya modal yang langka secara efisien. Ekonomi manajerial menggambarkan bagaima kekuatan – kekuatan ekonomi mempegaruhi dan di pengaruhi keputusan- keputusan manajerial.

Dengan komponen preskriptif dan deskriptif, ekonomi manajerial menyediakan aplikasi yang menyeluruh dari teori dan metodologi ekonomi terhadap pengambilan keputusan manajerial, ekonomi manajerial juga relevan bagi manajemen organisasi nirlaba non bisnis seperti, instansi pemerintah, kopersi, sekolah, rumah sakit, museum dan lembaga lambga serupa lain nya, sama dengan relevansinya bagi bisnis yang berorentasi pada lab.

1.5 SOLUSI OPTIMUM

Posted September 26, 2011 by rosiaprillino in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: