contoh PI, jenis dan pengertian PI   Leave a comment

 1.      PENDAHULUAN
 
1.1.            Latar Belakang
Abad ke-21 merupakan zaman dimana kemajuan di bidang teknologi informasi menjadi kian pesatnya. Zaman tersebut merupakan zaman globalisasi di mana manusia sebagai objek dari kemajuan teknologi tidak terbatas lagi oleh ruang dan waktu. Seiring dengan perkembangan zaman, maka akan semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi. Tantangan zaman ini tidak terlepas dari kemampuan sumber daya manusia terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendasarinya, tetapi juga harus diikuti pula dalam bentuk partisipasi sehingga tidak terseret arus globalisasi dan tidak hanya menjadi penonton atau konsumen dari perkembangan globalisasi dan pesatnya dunia teknologi.
Mahasiswa sebagai objek dunia pendidikan diharapkan menjadi mahasiswa yang dinamis, kreatif, inovatif, dan aplikatif dalam memahami ilmu yang didapat pada masa perkuliahan. Sehingga dari merekalah nantinya akan menyumbang penemuan dari suatu gagasan baru. Mengetahui akan peran mahasiswa di bidang ilmu pengetahuan, sebagai mahasiswa jurusan sistem informasi Universitas Gunadarma, penulis bermaksud merealisasikan ide atau gagasan yang akan direalisasikan menjadi pembuatan program.
 
1.2.Rumusan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini dirancang program penjualan buku secara tunai menggunakan microsoft visual foxpro 9.0 yang terinstal pada komputer dengan
sistem operasi windows xp profesional.
Sehingga diharapkan dapat mempermudah pekerjaan didalam penjualan buku secara tunai.
 
1.3.Batasan Masalah
Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis memberikan batasan permasalahan yaitu membahas tentang penjualan buku pada toko “XYZ” yaitu mulai dari proses pendataan buku, pendataan kasir dan juga proses transaksi penjualan buku. Sehingga menghasilkan laporan yang berupa laporan data buku, laporan data kasir, bukti transaksi, dan laporan transaksi penjualan buku perperiode.
 
1.4.Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat program penjualan buku secara tunai menggunaakan microsoft visual foxpro 9.0 dan pembaca juga dapat mengetahui cara membuat program menggunakan microsoft visual foxpro 9.0 dengan sistem operasi windows xp professional.
 
1.5.Metode Penulisan
Untuk mewujudkan suatu hasil akhir yang baik dan dapat di pertanggung jawabkan, maka metode pengumpulan data yang dapat membantu didalam menyelesaikan tugas akhir ini, penulis menggunakan dua metode:
  1. Metode studi pustaka (library)
Metode ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai topik yang sedang diteliti dengan mengambil sumber dari buku-buku atau internet serta mengumpulkan bahan-bahan yang ada hubungannya dengan bahan pokok tugas akhir yang penulis buat.
  1. Metode wawancara
Tahap ini merupakan penulis memperoleh data-data berdasarkan sepengetahuan penulis pada proses penjualan buku dan melakukan pengamatan secara tidak langsung pada bagian kasir walaupun tidak terlalu mendetail.
 
1.6.            Sistematika Penulisan
   Untuk mempermudah pembaca dalam menelusuri pembahasan yang disajikan, tulisan ini disusun dengan sistematika sembagai berikut :
BAB 1             PENDAHULUAN
BAB 2             LANDASAN TEORI
BAB 3             ANALISIS DAN PEMBAHASAN
BAB 4             PENUTUP
  2.      LANDASAN TEORI
 
Suatu program komputer mempunyai konsep dasar pemprograman yang terdiri dari tiga tahapan dasar yang disebut dengan siklus Pengolahan Data disebut juga dengan IPO (Input-Proses-Output), yaitu suatu proses pengolahan data (Data Processing cycle), yaitu Input-Proses-Output.
Tiga tahapan tersebut di atas dapat dikembangkan lebih lanjut dengan ditambah beberapa tahapan lagi, sebagai berikut :
1. Originating
2. Input
3. Process
4. Output
5. Distribution
6. Storage
 
2.1. Program
2.1.1. Pengertian Program
Menurut Hartono (1995:1) “Program merupakan salah satu bentuk dari berbagai macam jenis aplikasi yang dipergunakan dalam bidang bisnis ataupun dalam bidang ilmiah yang berguna untuk menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan”.
         Dalam membuat suatu program yang baik, maka harus dibuat langkah-langkah pokok pembuatan program secara umum, yaitu :
a. Mendefinisikan Masalah
b. Membuat Flowchart
c. Membuat Program
d. Melakukan Test Program
e. Membuat Dukumentasi Program
 
2.1.2. Tujuan Pembuatan Program
 
2.1.3. Struktur Data Program
 
2.1.4. Visual Foxpro
            Visual Foxpro 9.0 adalah sistem manajemen database ( DBMS/ Database Management Sistem ) Elektronika yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengambil dan menampilkan data. Visual foxpro dalam bahasa pemprograman visual yang berorientasi pada objek (Object Oriented Programing / OOP ) dan juga sebagai sistem manajemen Database Relation ( RDBMS )
2.2. Peralatan Pendukung
2.2.1.   Normalisasi
            Menurut Tata Sutabri (1999:120) Normalisasi adalah “proses pengelompokan elemen data kedalam bentuk tabel yang menyatakan entitas- entitas hubungan mereka sehingga terwujud satu bentuk yang memudahkan adanya perubahan dengan dampak sekecil mungkin”.
 
2.2.2.   Bagan Alir ( Flowchart )
            Menurut HM. Jogiyanto (2005:802) memberikan pendapat “didalam pembuatan suatu program, alangkah baiknya kalau terlebih dahulu dibuatkan logika atau urutan-urutan instruksi program tersebut dalam suatu diagram. Diagram inilah yang disebut dengan diagram alur atauFlowchart”.
 
2.2.3.   Struktur Kode
            Menurut HM. Jogiyanto (2005:384) “Struktur kode adalah suatu bentuk struktur yang berfungsi untuk mempermudah dan mengklarifikasikan data”. Tujuan pembuatan struktur kode dalam perancangan program berfungsi untuk mempermudah mengklarifikasi data, memasukannya dalam komputer dan untuk mengambil bermacam-macam informasi yang berhubungan dengannya.
 
2.2.4.   HIPO ( Hierarchy Plus Input process output )
            Diagram yang menjelaskan suatu tingkatan atau level dari menu-menu dan sub menu sehingga memperjelas suatu hirarki pada program.
 
3. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROGRAM
 
3.1.      Analisa Perancangan
 
3.2.   Spesifikasi Rancangan Program
Dalam spesifikasi program ini, penulis menjelaskan tentang spesifikasi bentuk masukan dan keluaran yang digunakan dalam rancangan program.
 
3.3. Normalisasi File
            Normalisasi file pada perancangan program dalam pembuatan penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut
 
3.4. Spesifikasi File
            Spesifikasi yang terdapat dalam perancangan program ini merupakan kumpulan data yang berasal dari dokumen masukan ( input ), data tersebut diproses untuk mendapat hasil guna menunjang kerja dari pembuatan program penjualan buku yang diinginkan nama database yang dipakai dalam program penjualan Buku ini adalah Toko buku. Adapun penjualan dari spesifikasi tabel tersebut adalah sebagai berikut
 
3.5.   Spesifikasi Program
         Dalam pembahasan spsesifikasi program dijelaskan cara kerja program agar lebih mudah memahaminya, serta melihat bagaimana prosedur program penjualan ini dijalankan sesuai dengan ketentuannya. Adapun penjelasan mengenai spesifikasi program tersebut.
 
3.6.  Flowchart
            Untuk menuliskan program pertama kali harus di temukan langkah-langkah yang harus diambil terlebih dahulu. Sebelum pembuatan program harus dibuat terlebih dahulu prosedur urutan langkah-langkahnya. Flowchart adalah bentuk-bentuk standar yang digunakan dalam penggambaran suatu algoritma.
 
3.7.  Sarana Pendukung Program
 
 
4. KESIMPULAN DAN SARAN
 
4.1    Kesimpulan
            Berdasarkan uraian yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya, penulis mencoba menarik kesimpulan mengenai perancangan program penjualan buku pada Toko Buku “XYZ” dengan menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9.0 sebagai berikut :
 
4.2    Saran-saran
         Untuk memudahkan kegiatan transaksi, penulis mencoba memberikan saran-saran yang berkaitan dengan program penjualan ini :
 
 
 
Pengertian Karya Ilmiah
Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atausimposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.
Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.
 
Tujuan Karya Ilmiah
  • Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  • Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
  • Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
  • Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
  • Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.
Manfaat Karya Ilmiah
Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut:
  • Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif;
  • Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber;
  • Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
  • Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis;
  • Memperoleh kepuasan intelektual;
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;
  • Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

 SISTEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH

Bagian Pembuka

  • Halaman judul.
  • Halaman pengesahan.
  • Kata pengantar.
  • Daftar isi.
  • Ringkasan isi.
  • Penutup.

Bagian Isi

Pendahuluan

  • Latar belakang masalah.
  • Rumusan masalah.
  • Pembahasan masalah.
  • Tujuan penelitian.
  • Manfaat penelitian.

Kajian teori atau tinjauan kepustakaan

  • Pembahasan teori
  • Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan
  • Pengajuan hipotesis

Metodologi penelitian

  • Waktu dan tempat penelitian.
  • Metode dan rancangan penelitian
  • Populasi dan sampel.
  • Instrumen penelitian.
  • Pengumpulan data dan analisis data.

Hasil Penelitian

  • Jabaran varibel penelitian.
  • Hasil penelitian.
  • Pengajuan hipotesis.
  • Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.
  • Saran

 Bagian penunjang

  • Daftar pustaka.
  • Lampiran- lampiran antara lain instrumen penelitian.
 http://myblogar.blogspot.com/2012/04/contoh-dan-pengertian-penulisan-ilmiah.html

Posted April 23, 2012 by rosiaprillino in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: